Jumat 18 Jan 2013 11:48 WIB

Kornet Superqurban, Terobosan Cerdas untuk Korban Banjir

Banjir di depan Halte Tosari, Jumat (18/1) pagi.
Foto: Republika/Nur Hasan Murtiaji
Banjir di depan Halte Tosari, Jumat (18/1) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Memasuki hari kedua aksi 'Banjir Datang Kita Peduli', Rumah Zakat terus menyalurkan berbagai bantuan untuk meringankan para korban banjir Jakarta.

Dari data yang dihimpun hingga Kamis (17/1) sore, Rumah Zakat menyalurkan sebanyak 2.200 paket kornet Superqurban dan 860 paket Siaga Gizi. Selain itu Rumah Zakat juga memberikan layanan kesehatan gratis kepada 282 warga.

 

Wakil Walikota Jakarta Timur, Husein Murad, mengapresiasi bantuan yang disalurkan Rumah Zakat bagi para korban banjir di wilayah Jakarta. Ia menilai bantuan tersebut sangat membantu para korban banjir.

“Kornet Superqurban bagus sekali. Suatu terobosan yang sangat cerdas untuk mencukupi gizi para korban banjir. Ini harus dicontoh lembaga-lembaga lain,” kata Husein yang datang didampingi Camat Matraman Zainul Arifin dan Lurah Kebon Manggis Ari Sonjaya.

 

Mewakili pemerintah, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Zakat. “Atas nama Walikota Jakarta Timur saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur Rumah Zakat yang telah menyalurkan bantuan kepada warga Jakarta Timur dan umumnya warga Jakarta yang menjadi korban banjir,” ujarnya.

 

Ke depan, kata dia, terobosan ini harus terus dilakukan bersama-sama lembaga sosial dan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Lurah Kebon Manggis, Ari Sonjaya mengungkapkan, saat ini sekitar 1.600 warga atau 500 KK di RW 03 dan 04 di kelurahannya yang mengungsi akibat luapan sungai Ciliwung.

 

“Bantuan pengobatan gratis bagi warga kami di sini sangat bermanfaat, karena mereka banyak yang terserang penyakit akibat banjir. Semoga bisa meringankan beban para korban dan dapat membantu masyarakat pada umumnya,” kata Lurah Kebon Manggis.

 

Sejak Rabu (16/1) Rumah Zakat menerjunkan tim relawan untuk membantu warga. Hari ini Rumah Zakat mengerahkan satu tim rescue lengkap dengan satu rescue car dan satu unit perahu ke Rawa Buaya untuk evakuasi 200 jiwa.

 

Selain itu, Rumah Zakat juga menurunkan tiga mobil ambulance plus satu tim kesehatan komplit. Sementara itu paket Superqurban dan Siaga Gizi disalurkan di sejumlah titik dari Kampung Melayu, Bukit Duri, Petogogan, hingga Manggarai, Jakarta Selatan. Selain itu juga menyalurkan 399 paket makan siang di wilayah Kebon Pala.

 

Adapun Posko Rumah Zakat saat ini berada di sebelah Rumah Sakit Hermina Jatinegara, dekat dengan Posko BNPB. “Masyarakat yang membutuhkan bantuan silakan menghubungi posko kami terdekat untuk mendapatkan layanan kesehatan,” kata Kordinator Lapangan Relawan Rumah Zakat Pras Purworo.

n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement