Selasa 15 Jan 2013 12:52 WIB

Cuaca Buruk, Tiga Pesawat Batal Mendarat di Semarang

Ilustrasi.
Foto: articlewn.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Tiga pesawat dari maskapai penerbangan berbeda batal mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, akibat cuaca buruk berupa hujan deras yang disertai angin kencang.

General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko saat dikonfirmasi di Semarang, Selasa (15/1), mengatakan bahwa ketiga maskapai penerbangan itu adalah Wings Air, Lion Air, dan Kalstar.

"Wings Air dengan rute Surabaya-Semarang kembali ke bandara Surabaya pada pukul 09.35 WIB, Lion Air rute Jakarta-Semarang kembali ke Jakarta pukul 09.40 WIB, dan Kalstar rute Pangkalan Bun-Semarang terpaksa mendarat di Surabaya pukul 10.10 WIB," katanya.

Menurut dia, hanya tiga maskapai penerbangan itu yang batal mendarat, sedangkan untuk jadwal kedatangan maskapai lainnya dan semua jadwal keberangkatan di Bandara Ahmad Yani tidak terganggu.

Ia menjelaskan, cuaca buruk di bandara setempat berpengaruh pada saat sebuah pesawat hendak melakukan pendaratan.

"Jika hendak mendarat di suatu bandara tapi cuaca buruk maka pilot tidak mau ambil risiko dan akan mencari bandara terdekat untuk mendarat atau kembali ke bandara saat berangkat (return to base)," ujarnya.

Priyo mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 29 pompa air untuk mengantisipasi adanya genangan air di landasan pacu Bandara Ahmad Yani yang dapat mengganggu jadwal penerbangan.

"Mudah-mudahan cuaca di Kota Semarang kembali cerah sehingga tidak mengganggu jadwal kedatangan sejumlah maskapai penerbangan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement