Rabu 09 Jan 2013 23:34 WIB

Menipis, Stok Disenfektan Pencegah Flu Burung di DIY

Seorang petugas Dinas peternakan melakukan penyomprotan di kandang ayam warga untuk mencegah virus flu burung (H5N1).
Foto: Antara/Fiqman Sunandar
Seorang petugas Dinas peternakan melakukan penyomprotan di kandang ayam warga untuk mencegah virus flu burung (H5N1).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Persediaan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Avian Influenza di DIY menipis. Kondisi stok itu dikemukakan Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY Retno Setijowati pada Republika, Rabu (9/1).

Meskipun demikian pihaknya sudah meminta ke Pemerintah Pusat. ''Tetapi dari DIY harus mengambil ke Kementerian Pertanian dan saya sudah sampaikan ke DInas Pertanian DIY supaya segera mengambil disinfektan ke Pusat,'' kata  Retno.

Di samping itu, kata dia, pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pertanian DIY  kalau bisa mendahulukan APBD 2013 untuk pembelian obat-obatan termasuk disinfektan dan mudah-mudahan disetujui.

Retno yang baru saja melakukan kunjungan ke lokasi peternakan itik di Bantul yang terkena serangan AI mengatakan bahwameskipun kasus AI pada itik kecenderungannya meningkat, tetapi di  DIY sudah bisa dikendalikan.

''Karena teman-teman di Dinas Pertanian melalui LDCC ( /Local Disease Control Center/) di DIY yang sebetulnya tugasnya  melakukan pengamatan  AI dan pengendalian pada ayam juga bertugas untuk pengendalian AI pada itik," ungkapnya.

"Alhamdulillah mereka siap melakukan sosialisasi ke desa-desa untuk melakukan biosecurity, penyemprotan disinfektan,''ungkap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement