Senin 31 Dec 2012 21:40 WIB

Jelang Malam Tahun Baru, Pedagang Jagung Tiban Marak

Rep: Yulianingsih/ Red: Chairul Akhmad
Penjual jagung tiban (ilustrasi).
Foto: wordpress.com
Penjual jagung tiban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Jelang malam tahun baru beberapa ruas jalan di Kota Yogyakarta dipenuhi para pedagang jagung tiban. Mereka menjajakan jagung yang masih kulitan di trotoar jalan.

Berdasarkan pengamatan, jalan-jalan di Kota Yogyakarta yang dipenuhi pedagang jagung tiban antara lain Jalan Imogiri Timur, Jalan Pramuka, Jalan Kusumanegara, dan paling banyak di Jalan Sultan Agung.

Jagung memang menjadi bahan pangan yang banyak dicari menjelang pergantian tahun. Banyak masyarakat yang merayakan pergantian tahun dengan membakar jagung, ikan maupun ayam.

Jagung-jagung yang dijual di Yogyakarta banyak didatangkan dari Klaten, Bantul dan Sleman. "Ambilnya dari Klaten, sehari ini sudah laku 10 karung jagung," kata Susamto (36) pedagang jagung tiban di Jalan Sultan Agung Yogyakarta, Senin (31/12).

Menurutnya, jagung yang paling laku adalah jagung manis. Harga jualnya juga tinggi. Jika pada hari biasa, jagung manis hanya dijual Rp 800 - Rp 1.000/batang, pada malam tahun baru bisa mencapai Rp 1.500/batangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement