Sabtu 29 Dec 2012 12:54 WIB

Sabtu dan Ahad, Puncak Arus Penumpang di Stasiun Gambir

Rep: Alicia Saqina./ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Penumpang menunggu kereta di Stasiun Bogor (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/MUSIRON
Penumpang menunggu kereta di Stasiun Bogor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jalan-jalan protokol Ibu Kota tampak lengang dari volume kendaraan. Atmosfer liburan dalam rangka perayaan tahun baru 2013 kian terasa.

Suasana yang menggambarkan musim liburan akhir tahun ini ternyata sedikit terlihat di stasiun-stasiun kereta api (KA), di Jakarta. Salah satunya seperti aktivitas yang ada di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus).

Kepala Stasiun Besar Gambir Edy Kuswoyo mengatakan, kemungkinan puncak arus berlibur penumpang yang akan meninggalkan Jakarta melalui Stasiun Gambir ialah jatuh di hari ini dan esok, Ahad (30/12).

''Seluruh angkutan untuk tahun baru dan liburan ini sudah sejak semalam,'' tutur Edy kepada  Republika, Sabtu (29/12), saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakpus.

 

Edy mengatakan, perkiraan jumlah penumpang yang akan menggunakan KA dari Stasiun Gambir hari ini dan besok ialah sebanyak 9.000 hingga 9.500 penumpang.

Di masa liburan anak sekolah dan menyambut perayaan pergantian tahun, ujar Edy,  terdapat beberapa KA tambahan yang diberangkatkan dari stasiun ini. Rangkaian-rangkaian KA tambahan tersebut terutama KA Argo Parahyangan.

Selain KA Argo Parahyangan, rangkaian KA tambahan lainnya yaitu, Argo Lawu tambahan yang dijadwalkan berangkat pukul 21.00 WIB, dengan tujuan Solo Balapan. Serta ada pula KA Cirebon Ekspres tambahan yang dijadwalkan berangkat dari Gambir pukul 20.00 WIB, dengan tujuan akhir sampai Kota Tegal.

Salah satu contoh warga yang hendak berlibur dalam rangka tahun baru ini ialah Indri. Wanita yang sudah dua tahun bekerja di Jakarta ini hendak merayakan tahun baru di kampung halamannya, Tegal.

''Kantor saya sudah libur,untuk apa berada di Jakarta. Makanya saya berangkat hari ini,'' kata Indri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement