Kamis 27 Dec 2012 21:00 WIB

Resolusi KPK, Ada Tersangka Baru Kasus Hambalang

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad.
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Alifian Mallarangeng dipastikan menjadi tersangka terakhir yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2012 ini. Namun pada awal 2013, KPK akan kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus tersebut.

"Mudah mudahan di awal tahun depan kita bisa menemukan bukti-bukti yang sesuai dengan common sense masyarakat tentang apa yang dipersepsikan orang-orang menjadi tersangka," kata Ketua KPK, Abraham Samad usai acara jumpa pers di KPK, Jakarta, Kamis (27/12).

Abraham menambahkan, diharapkan pada awal Januari 2013, penyidik sudah memiliki dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan pihak lain sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Hambalang. Sejauh ini, KPK sudah menetapkan dua orang tersangka.

Senada, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto juga memastikan tidak ada lagi penetapan tersangka pada akhir tahun ini. Namun ia mengisyaratkan akan ada penetapan tersangka baru kasus Hambalang pada awal 2013.

"Soal Hambalang, tahun ini sepertinya tidak ada tersangka baru. Semoga dalam waktu sesingkat-singkatnya dapat menyelesaikan apa yang menjadi tugas dan kewajiban KPK," tegasnya.

Sebelumnya, juru bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan penyidik KPK berencana akan melakukan pemeriksaan terhadap adik Andi Mallarangeng, Andi Zulkarnain 'Choel' Mallarangeng sebagai saksi pada pekan kedua Januari 2013. Choel Mallarangeng diduga terkait dalam aliran dana proyek Hambalang dan bukan tidak mungkin akan dijadikan tersangka usai pemeriksaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement