Senin 24 Dec 2012 14:37 WIB

LIPI: Partai Bersiap 'Jualan' pada 2013

Atribut kampanye dan bendera partai politik (ilustrasi)
Foto: ANTARA/ROSA PANGGABEAN
Atribut kampanye dan bendera partai politik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar politik Firman Noor memperkirakan partai politik akan mulai "berjualan" pada 2013 untuk menghadapi Pemilu 2014. Mereka 'berjualan' dengan melakukan pendekatan kepada konstituen dan basis massanya.

"Pada 2013 nanti, kader-kader partai akan mulai mendekati konstituen dan massanya dengan turun ke daerah-daerah untuk menjual partainya," kata Firman Noor dihubungi dari Jakarta, Senin.

Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu mengatakan sejumlah partai akan kembali menyentuh simpul-simpul basis massanya pada 2013. Misalnya, PKB akan mulai melakukan pendekatan dengan sejumlah kyai atau PAN yang akan mulai mendekati simpul-simpul Muhammadiyah.

"Pada 2013, partai-partai politik akan sangat intensif melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam konteks praktis dan pragmatisme politis," katanya.

Menurut Firman Noor, kesempatan turun dan mendekati konstituen di daerah harus dimanfaatkan partai politik untuk melakukan dialog dan memlihara jaringan di masyarakat. Dia mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya dikemas dalam berbagai aksi sosial seperti pemberangkatan haji, pendirian posko kesehatan dan pendidikan.

"Partai-partai akan mulai melakukan berbagai aksi sosial yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pada 2013 nanti," ujarnya. "Realitasnya memang seperti itu. Jadi, masyarakat dan partai politik saling memanfaatkan setiap menjelang pemilu.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement