Jumat 21 Dec 2012 15:35 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Naik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Kebutuhan pokok dijual di pasar, ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Kebutuhan pokok dijual di pasar, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Beberapa harga komoditas kebutuhan pokok terpantau merangkak naik menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Depok. 

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Jumat (21/12), beberapa komoditas seperti daging sapi, daging ayam, dan telur ayam sudah naik di pasar-pasar tradisional di Depok. Tercatat, harga komoditas beras jenis IR 64 II sejak hari ini naik menjadi Rp 7.429 dari Rp 7.386.

Sementara itu, harga daging sapi sudah naik menjadi Rp 90 ribu dari Rp 85 ribu sejak sepekan ini. Menurut Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Reni Siti Nuraini naiknya harga daging sapi ini dikarenakan permintaan masyarakat yang tinggi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.  

Tidak hanya harga daging sapi yang sudah merangkak naik, harga daging ayam pun juga naik perlahan. Kini, harga daging ayam mencapai Rp 29 ribu, sebelumnya harga komoditas ini hanya berkisar Rp 26 ribu - Rp 27 ribu. 

Selain itu, harga telur ayam sudah mencapai Rp 17 ribu dari harga Rp 15 ribu. "Yang tidak naik, hanya harga sayuran seperti cabe. Justru harganya turun," katanya. 

Menurutnya, hal ini dikarenakan suplai komoditas sayuran yang lebih banyak, sementara permintaan dari masyarakat sedikit. Tercatat, harga cabe merah di pasar-pasar tradisional turun dari harga Rp 17.143 menjadi Rp 16571. 

Ia menambahkan kenaikan harga barang kebutuhan pokok ini naik sekitar dua persen. Saat ini, stok kebutuhan pokok juga dinilai masih aman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement