Kamis 20 Dec 2012 17:52 WIB

Mahfud MD Masih Enggan Tanggapi 'Lirikan' PKS

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dewi Mardiani
Mahfud MD
Foto: Antara/Noveradika
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), kualitas ketokohan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD unggul dari tokoh-tokoh lainnya seperti Jusuf Kalla dan Dahlan Iskan. Karenanya, Mahfud MD banyak dilirik partai politik (Parpol) untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Salah satu parpol yang memberi sinyal adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun saat diminta tanggapannya terkait 'lirikan' PKS tersebut, Mahfud enggan menanggapinya. "Nantilah, belum punya tanggapan khusus untuk partai per partai," ujar Mahfud, usai diskusi 'Menuju Pilpres 2024 yang Lebih Berkualitas' di Unpad, Kamis (20/12).

Sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), katanya, ia belum bisa bicara banyak soal pencalonannya sebagai capres atau parpol yang menggandengnya. Selain itu, agenda parpol terkait Pemilu 2014 dimulai pada April 2014. Sehingga, saat ini beberapa parpol belum menentukan pilihan finalnya.

Di sisi lain, masa tugas Mahfud di MK akan selesai pada April 2013. Saat itulah dia bebas berbicara apakah akan maju atau tidak dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia itu. "Sekarang ini saya tidak boleh berbicara dulu," tegas Mahfud.

Meski begitu, ia mengaku, dari pembicaraan secara informal sudah ada beberapa parpol yang mendekatinya. "Kalau pembicaraan yang tidak resmi dengan pimpinan partai ya bergurau-bergurau sih sering, tapi yang official tentu harus menunggu pada saatnya," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement