Rabu 19 Dec 2012 14:08 WIB

Kehidupan Kades di Lampung Sejahtera

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Jalintim Sumatra di wilayah Lampung
Jalintim Sumatra di wilayah Lampung

REPUBLIKA.CO.ID,LAMPUNG--Kehidupan rata-rata kepala desa (kades) di  Lampung Barat (Lambar) tampaknya sejahtera. Bahkan kesejahteraan mereka terlihat melebihi kehidupan seorang pegawai negeri sipil (PNS) golongan II bahkan III.

Saat mengunjungi rumah kades atau peratin, suasananya seperti  rumah di kota. Mobilnya juga baru keluaran  2008. Isi perabotannya juga bagus.

Berdasarkan pantauan Republika, Selasa, (18/12), terdapat kades  di  Lambar memiliki rumah di kota Bandar Lampung lengkap dengan beberapa mobilnya.

Kehidupan kades sejahtera karena  mereka  memiliki aset yang melimpah seperti kebun kopi, karet, atau sawit, serta sawah.

Aktivitas kantor Kades di Lambar tidak begitu banyak. Seperti yang terlihat di Kecamatan Suoh, Lambar, banyak kantor kades 'tak berpenghuni'. Perangkat kantor kades banyak yang sibuk bertani, berkebun, atau berdagang.

Seorang perangkat desa di Suoh,  Wandi mengatakan, ia tak  mungkin  menunggui kantor kades setiap hari. "Nanti bisa tidak makan,"katanya.

Di Kantor Kades, ujar Wandi, juga tidak ada pekerjaan. Warga banyak yang sibuk  bertani dan berdagang.

Terkait adanya tuntutan sejumlah kades yang ingin diangkat menjadi PNS,  Kades Sebarus, Iskandar menyatakan, ia tidak mempermasalahkannya. "Kalau pemerintah setuju  atau  tidak, saya  tidak masalah,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement