Selasa 18 Dec 2012 04:41 WIB

Ini Kata SBY Soal Film 'Habibie & Ainun'

sby
Foto: antara
sby

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri menonton film 'Habibie & Ainun', Senin (17/12).

Menurut SBY, banyak pelajaran yang bisa diambil dari film besutan sutradara Hanung Bramantyo tersebut. Film itu berkisah tentang perjalanan cinta Presiden ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dan almarhumah istrinya, Hasri Ainun Besari.

"Pelajaran yang dalam bagi siapapun yang menjalani kehidupan berumah tangga, love, sharing dan caring," kata SBY usai menonton film 'Habibie & Ainun' di XXI Epicentrum Walk Kuningan, Senin (17/12).

SBY menyaksikan film berdurasi sekitar dua jam itu dengan didampingi Wakil Presiden Boediono, Ibu Herawati Boediono dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II. Antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, yang masing-masing hadir bersama pasangan masing-masing. Turut hadir pula BJ Habibie dan mantan Wakil Presiden Try Soetrisno.

Film 'Habibie & Ainun' dibuat berdasarkan buku berjudul sama yang diterbitkan pada 2010, yang kurang lebih berisi perjalanan cinta pertama dan terakhir Presiden RI ketiga dan almarhumah istrinya.

Kisah cinta pasangan itu berawal dari pertemuan kembali teman masa SMA, Rudy Habibie (BJ Habibie) dengan Hasri Ainun di kediaman ayah Ainun di Bandung pada 1962, sepulangnya Habibie menyelesaikan pendidikannya di Jerman.

Selang tiga bulan kemudian, tepatnya pada 12 Mei 1962, pasangan itu menikah dan babak baru kehidupan Ainun di perantauan sebagai istri seorang calon doktor muda di Jerman dimulai. Sebagaimana bukunya, film itu menuturkan perjuangan pasangan muda itu mewujudkan mimpinya di Jerman, hingga kembali ke Indonesia.

Mereka lalu menjelma menjadi pasangan nomor satu di negeri ini, hingga kemudian maut memisahkan mereka, saat Ibu Ainun Habibie harus menyerah pada penyakit kanker.

Untuk memerankan sosok Habibie, Hanung menunjuk aktor Reza Rahardian, sementara penyanyi Bunga Citra Lestari didapuk sebagai Hasri Ainun.

Selain Reza dan BCL, sejumlah bintang film papan atas Indonesia juga turut ambil bagian dalam film yang akan mulai menghiasi bioskop Indonesia pada 20 Desember mendatang itu, antara lain Lukman Sardi dan Agus Kuncoro. (baca: SBY: Semoga Ibu Ainun Tenang di Sisi Allah).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement