Senin 17 Dec 2012 11:04 WIB

Aher Tertarik Bunga Bangkai

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dewi Mardiani
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan
Foto: REPUBLIKA/ YOGI ARDHI
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di sela-sela kesibukannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang akrab dipanggil Aher, menyempatkan diri melihat bunga bangkai mekar di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Juanda, kemarin.

Aher mengaku gembira karena bisa kembali menyaksikan bunga bangkai mekar. Terakhir kali, ia melihat bunga bangkai saat duduk di bangku Sekolah Dasar. "Terkahir kali saya liat bunga bangkai itu ketika SD di Kebun Raya Bogor, berarti sudah 25 tahun," ujar Aher.

Menurut Aher, bunga bangkai yang mekar di Tahura Ir H Djuanda tersebut wajib untuk dilihat. Karena, bunga tersebut hanya mekar sekali setiap enam tahun. "Mekarnya sangat jarang jadi Gubernur pun harus hadir," imbuhnya.

Sementara menurut, Kepala Balai Pengelolaan Tahura Ir H Djuanda Imam Santoso,  bunga bangkai itu tergolong spesies Amorphophallus titanum. Tingginya, sekitar 1,8 meter.

Tahura Djuanda, kata dia, menanam sebanyak 9 umbi bunga raksasa. Umbi itu berasal dari Cagar Alam Taba Penanjung di Bengkulu pada 2006.

Bunga bangkai ini, kata dia, hanya mekar selama tiga pekan saja. Bunga yang tergolong langka itu juga dilindungi pemerintah. "Spesies ini tumbuh dari umbi kemudian menjadi pohon lalu mati dan selanjutnya menjadi bunga bangkai," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement