Rabu 12 Dec 2012 19:47 WIB

Karantina Unggas Harus Diperketat

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Fitria Andayani
Petugas memusnahkan unggas-unggas dan kandangnya di RW 6, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/1).  (Republika/Aditya Pradana Putra)
Petugas memusnahkan unggas-unggas dan kandangnya di RW 6, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/1). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Pemerintah diminta tak hanya melarang impor unggas flu burung, namun juga memperketat sistem karantina unggas. Langkah ini diharapkan dapat mencegah penyebar luasan wabah flu burung di Indonesia. 

Wakil Ketua Komisi IV, Firman Soebagyo mengatakan, perlu dibuat sebuah sistem karantina ketat untuk mengawasi peredaran unggas yang masuk ke Indonesia. "Selama ini unggas yang terdeteksi flu burung bisa lolos antara lain karena lemahnya pengawasan di bandara," ujarnya, Rabu (12/12). 

Firman pun menilai perlu dibuat undang-undang yang berdiri sendiri mengenai karantina. "Karantina ini seharusnya bisa mengakomodir kebutuhan semua pihak, bukan hanya menjadi perpanjangan salah satu kementerian," tuturnya. Karantina tersebut diharapkan sejajar kedudukannya di dalam hukum dengan peraturan bea cukai. Nantinya, karantina ini juga akan berguna untuk mengawasi peredaran satwa-satwa langka yang masuk dan keluar dari Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement