Selasa 11 Dec 2012 19:25 WIB

SBY Jadi Tukang Becak

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaiki Becak Cakra Hybrid buatan SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur.
Foto: Republika/Esty Maharani
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaiki Becak Cakra Hybrid buatan SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba-tiba berubah profesi menjadi tukang becak. Bukan sembarangan becak yang dikendarainya, tetapi becak karya anak bangsa yakin SMK PGRI 2 Ponorogo yang diberi nama Cakra Hybrid.

Hal ini terjadi saat kunjungan kerja Presiden SBY, ibu negara Ani Yudhoyono, dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II ke Jawa Timur, yakni Madiun dan Magetan, serta Bali selama tiga hari sejak 11-13 Desember.

Sempat berbincang sesaat dengan para siswa, SBY pun berinisiatif untuk mengendarai becak berwarna putih itu mengelilingi halaman pendopo Magetan, Jawa Timur. Awalnya, ia hanya seorang diri mengendarai, tetapi tak lama kemudian, ibu negara, Ani Yudhoyono ikut serta dan menjadi penumpang. Tak ketinggalan Edhie Baskoro juga ikut dalam becak Cakra Hybrid itu.

Lucunya, halaman pendopo yang sempat menurun membuat Presiden sedikit kehilangan kendali dan berjalan terlalu cepat. Alhasil, para pengawal yang berada di kanan-kirinya sempat kelimpungan dan berlari menyeimbangi laju becak.

Ibu Negara pun tampak sedikit takut saat kecepatan becak bertambah. Ia sempat memegang tangan Presiden dan memintanya untuk memelankan laju. Meski begitu, ketiganya tampak senang dan tertawa bersama sambil mengelilingi halaman pendopo.

Tak hanya Presiden SBY, tetapi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Sudi Silalahi, pun ikut mengendarai becak tersebut. Ia tampak lincah mengendalikan becak yang bertenaga surya itu.

Aksi presiden dan beberapa menteri itu itu mendapat tepuk tangan dari para pengunjung yang tengah menikmati pameran produk-produk hasil karya anak bangsa di Pendopo Kabupaten Magelang itu.

Seusai menjajal becak tenaga surya, presiden juga menjajal mobil listrik yang juga turut dipamerkan. Kali ini, dia menjadi penumpang bersama para menteri lainnya. Dalam satu mobil yang ditumpangi, mobil listrik itu mampu memuat tujuh orang. Presiden dan beberapa menteri yang ikut serta seperti Menko Perekonomian, Hatta Rajasa; Menkopolhukam, Djoko Suyanto; dan Menteri Perindustrian MS Hidayat tampak berjejalan.

Mereka pun sempat mengelilingi halaman pendopo dan melanjutkan perjalanan ke jalan raya, temapt para anak-anak sekolah berbaris menanti kedatangan pejabat negara. Tak menyangka didatangi Presiden SBY dengan mobil listriknya, anak-anak sekolah tingkat SMA itu pun histeris dan tak sungkan melambaikan tangan kepada SBY dan para menteri.

Hal serupa juga terjadi saat Edhie Baskoro Yudhoyono berada di mobil kedua. Ia tampak beberapa kali memasang gaya untuk difoto masyarakat yang antusias dengan kedatangan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement