Senin 10 Dec 2012 21:09 WIB

Cegah Penjambretan, Angkot Diimbau Pasang Kamera

Rep: Alicia Saqina/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Angkutan Umum
Foto: Antara
Angkutan Umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peristiwa penjambretan di kota-kota besar kian meningkat. Modus para pelaku tak hanya dengan mengendarai motor, penjambretan pun kerap terjadi di dalam angkutan umum.

Untuk meminimalisasi bentuk kejahatan ini pun, kepolisian mengimbau agar di dalam tiap-tiap angkutan umum dipasangi kamera pemantau.

Dirserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Toni Harmanto, mengatakan, pemasangan alat bantu pantau, seperti kamera pemantau atau pun CCTV di transportasi umum, sangat lah penting untuk mencegah tindak kejahatan.

''Kejahatan itu berawal dari niat dan kesempatan. Kalau pelaku lihat ada kamera atau sistem webcam seperti itu, setidaknya sudah diputus niatnya,'' tutur Toni kepada media, Senin (10/12), di Jakarta.

 

Ia menjelaskan, tidak ada alasan bagi tiap-tiap kendaraan umum untuk tidak memasangkan kamera pemantau di dalamnya. Toni mengatakan, biaya untuk pengadaan alat bantu pantau tersebut juga, tidak lah mahal.

Saat ini, ujarnya, harga kamera pemantau ataupun CCTV, sudah terjangkau. ''Pokoknya banyak lah sekarang teknologinya ,'' ujar dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement