Kamis 06 Dec 2012 17:48 WIB

Gunung Lokon Meletus Lagi

Gunung Lokon
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gunung Lokon yang terletak di Sulawesi Utara kembali meletus. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (6/12), letusan itu terjadi pada hari ini, pukul 17.18'57" WITA. 

"Ketinggian kolom abu letusan +- 3.500 meter dari Kawah Tompaluan, berwarna abu kelabu tebal. Disertai suara dentuman kuat yang terdengar di Pos Gunung Lokon berjarak sekitar 6 km dari Kawah Tompaluan," kata Sutopo melalui pesan singkatnya yang diterima ROL. Dikatakannya, abu letusan tertiup angin lemah ke arah tenggara - selatan.

Karena itu, pihaknya menyampaikan bahwa letusan Gunung Lokon semakin membesar dibandingkan enam bulan yang lalu. Hal ini, kata dia, sebagai dasar agar masyarakat dan pihakt terkait semakin waspada. "Hal ini agar tidak dianggap kejadian rutin, sehingga mengakibatkan lengah atau tidak waspada. Lokon berubah pola letusannya, antisipasi dengan cara yang berubah pula, tetap waspada, dan tetap siaga."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement