Rabu 05 Dec 2012 11:31 WIB

Gunung Kidul Kembangkan Wisata Spiritual

Gunung Kidul
Foto: disparbudgk.wordpress.com
Gunung Kidul

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penataan dan revitalisasi wisata spiritual.

Di Gunung Kidul terdapat lima tempat yang menjadi wisata spritual yakni Gunung Gambar, Sokoliman, Kembang Melampir, Pesanggrahan Gambirowati dan Goa Maria.

"Kami akui wisata spritiual peminatnya masih sangat sedikit dan pengunjungnya hanya saat ada kegiatan saja," kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul, Wijang Eka Aswarna, Rabu.

Karena itu, pihaknya terus mengupayakan tempat wisata spiritual dilakukan penataan dan revitalisasi. Ini supaya jumlah pengunjungnya meningkat.

Dari lima tempat wisata spiritual, kata dia, yang paling banyak dikunjungi wisatawan yakni Gunung Gambar, Kembang Melampir dan Goa Maria. Tiga tempat ini memiliki cerita religi dan spritual serta sejarah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Gunung Gambar merupakan objek wisata spiritual yang terletak diketinggian 200 mdpl, dimana dari puncaknya dapat melihat keindahan Rawa Jombor di Klaten dan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri. Dilihat dari sejarahnya, Gunung Gambar merupakan tempat bertapa Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyowo selama berperang melawan Belanda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement