Selasa 04 Dec 2012 16:21 WIB

Transjakarta Dapat Tambahan 23 Bus

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: Fernan Rahadi
 Sejumlah angkutan umum dan Bus Transjakarta mulai beroperasi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (4/9).    (Adhi Wicaksono)
Sejumlah angkutan umum dan Bus Transjakarta mulai beroperasi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (4/9). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BALAI KOTA -- Armada baru Transjakarta telah tiba di pool Damri sebanyak 23 bus sejak Jumat (30/11). Bus tersebut merupakan bagian dari 66 bus tambahan. Sisanya, sebanyak 43 bus, akan datang awal Januari nanti.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Muhammad Akbar mengatakan bus tersebut saat ini dalam proses surat menyurat seperti STNK, dan buku KIR. “Mudah-mudahan pertengahan Desember bisa dioperasikan,” katanya, Selasa (4/12).

Menurutnya, bus tersebut diperuntukkan untuk koridor satu dan merupakan bus gandeng. Bus dengan dua kabin atau gandeng memiliki daya angkut 160 penumpang sedangkan bus single hanya mengangkut 85 penumpang.

Hal ini berdasarkan permintaan jumlah penumpang yang cukup besar. Sementara, terkait koridor satu yang jauh dengan SPBG akan dibangun SPBG baru dekat Citra Land.

Akbar mengaku Transjakarta menentukan spesifikasi seperti bus gandeng, mesin GNG, transmisi otomatis, kekuatan mesin, dan house power. Sedangkan pemilihan merk merupakan urusan operator.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement