Selasa 04 Dec 2012 12:18 WIB

Akbar Tanjung Klaim Demokrasi Indonesia Terdemokratis

Akbar Tanjung. (Foto: Republika/ Yogi Ardhi)o
Akbar Tanjung. (Foto: Republika/ Yogi Ardhi)o

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN- Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung menilai demokrasi yang berjalan di Indonesia saat ini paling demokratis dibandingkan versi dikembangkan negara lain.

"Demokrasi di Indonesia merupakan yang paling demokratis dibandingkan negara lain, sebagai contoh pemilihan presiden di negara kita lebih demokratis dibandingkan Amerika," kata Akbar dalam Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan Dema Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (4/1).

Menurut dia, demokrasi Indonesia harus terus dijaga dengan landasan Pancasila agar tidak sampai rusak. "Pancasila dalam perspektif demokrasi ada pada sila keempat. Membangun demokrasi dengan semangat musyawarah, bukan demokrasi yang kebablasan," katanya.

Ia mengatakan, demokrasi Indonesia memperlihatkan semangat permusyawaratan. "Dari perpektif kelembagaan partai politik, sebenarnya Indonesia tidak membutuhkan partai yg banyak, apalagi sistem presidensil. Presiden yang dipilih rakyat, poresiden mandat langsung dari rakyat," katanya.

Soal jumlah partai, Akbar setuju untuk tetap memberikan kebebasan mendirikan partai politik. Meski ia berkomentar, "Tetapi partai jangan terlalu banyak.

"Kelembagaan partai juga harus lebih kuat, saat ini fungsi komunikasi dan pendidikan politik partai masih lemah, komunikasi politik harus terus melekat pada partai politik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement