Senin 19 Nov 2012 11:15 WIB

Hujan Deras, Sepuluh Kecamatan Sukabumi Diterjang Longsor

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Tanah longsor (ilustrasi).
Foto: Antara
Tanah longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menerjang sepuluh kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Ahad (18/11) sore. Peristiwa tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras sejak Ahad siang hingga malam hari.

Ke-sepuluh kecamatan yang terkena longsor tersebut antara lain Caringin, Kalapanunggal, Sukabumi, Kadudampit, Cisaat, Kabandungan, Cisolok, Pabuaran, dan Parungkuda.

"Kecamatan yang paling parah terkena longsor berada di Kecamatan Caringin,’’ ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo, kepada Republika, Senin (19/11).

Pasalnya, di daerah tersebut terdapat empat rumah yang rusak terkena longsor dan satu rumah lainnya terancam. Bahkan, salah seorang warga menderita luka-luka akibat terjepit tembok saat terjadi longsor.

Diterangkan Usman, lima kepala keluarga (KK) yang tinggal di rumah yang terkena longsor telah diungsikan ke tempat yang aman. Mereka telah mendapatkan bantuan darurat berupa makanan yang disalurkan BPBD pada Ahad malam.

Usman menerangkan, BPBD juga akan menyalurkan bantuan ke sembilan kecamatan lainnya yang diterjang longsor. Bantuan tersebut terutama makanan yang sangat dibutuhkan para korban bencana alam.

Selain longsor, sebagian wilayah Kabupaten Sukabumi juga diterjang banjir seperti terjadi di Kecamatan Cisolok. "Jumlah rumah yang rusak akibat longsor dan banjir masih dalam pendataan," imbuh Usman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement