Ahad 11 Nov 2012 19:03 WIB

Baju Kotak-kotak Rieke tak Efektif di Jabar

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Hafidz Muftisany
Cagub Jabar pasangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki.
Foto: (Edi Yusuf/Republika)
Cagub Jabar pasangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penggunaan baju kotak-kotak tidak akan efektif bila digunakan sebagai strategi kemenangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki di Pilkada Jabar. Pasalnya, dalam dunia politik penampilan hanyalah bagian dari kemasan dagang.

"Dalam teori marketing, duplikasi merek tidak akan pernah sukses," kata pengamat politik Charta Politik, Yunarto Wijaya kepada Republika, Ahad (11/11).

Menurut Yunarto kemenangan Jokowi bersama Ahok lebih ditentukan rekam jejak keduanya saat menjadi kepala daerah. Rekam jejak kepemimpinan yang positif kian artikulatif ketika dikemas dalam komunikasi politik yang egaliter.

Ada perbedaan besar antara Pilkada Jakarta dan Jabar. Secara geografis wilayah Jabar jauh lebih luas ketimbang Jakarta. Dari sisi sosiologis, keheterogenan masyarakat Jabar jauh lebih kompleks ketimbang Jakarta.

Di Jakarta, kendati tatanan masyarakatnya kompleks namun perilaku politik cenderung sama yakni perilaku urban. "Karena itu butuh strategi yang visioner dari Rieke dan Teten," katanya.

Rieke dan Teten bisa mendapat peluangan kemenangan bila mampu mengemas rekam jejak perjuangan yang selama ini mereka lakukan. Sebagai aktivis buruh, Rieke perlu menemukan formula komunikasi yang efektif untuk mendapat kepercayaan buruh.

Begitu halnya dengan Teten. Dia harus bisa menerjemahkan aktivitasnya sebagai penggiat antikorupsi ke dalam kesadaran pemilih. "Rieke dan Teten harus menempatkan diri sebagai tokoh pogresif dan visioner dibandingkan kandidat lain," tandas Yunarto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement