Kamis 08 Nov 2012 11:13 WIB

Di DPR, Jokowi Beberkan Jurus Atasi Banjir

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Hafidz Muftisany
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.
Foto: IST
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi punya resep rahasia mengatasi banjir DKI Jakarta. Apa resep itu? "Ya gotong royong kerja bakti," kepada wartawan, Kamis (8/11), di kompleks MPR/DPR, Senayan Jakarta.

Jokowi mengatakan Pemprov DKI Jakarta bakal menggetolkan kegiatan gotong royong mulai satu hingga dua bulan mendatang. Kerja bakti akan difokuskan di kampung-kampung. "Kerja bakti di kampung, bersihkan selokan dan got," ujarnya.

Selain menggiatkan kerja bakti dan gotong royong, Jokowi juga akan terus melakukan pengerukan kali. Pengerukan dilakukan mulai dari Pademangan hingga berbagai kali lainnya. Menurut Jokowi tidak mudah mengeruk kali di Jakarta. Beberapa kali di Jakarta telah mengalami pendangkalan.

Ini terjadi lantaran proses sedimentasi yang berlangsung lama. Dia mencontokan kali dengan kedalaman 2 meter tidak bisa dikeruk di atas 160 centi meter. "Kan ngeruk seperti itu tidak bisa 1-2 hari," katanya.

Terkait kerjasama dengan kota-kota penyangga DKI Jakarta, Jokowi menyatakan itu merupakan program jangka panjang. Dia mengatakan saat ini fokus kerjasama dilakukan dengan pemerintah daerah Cengkareng, Pesanggrahan, Ciawi. "Jangan 1-2 minggu disuruh atasi banjir. Tapi saya tetap optimis," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement