Rabu 31 Oct 2012 15:45 WIB

Menpora: Saatnya Pemuda Jadi Bos, Bukan PNS

Andi Malarangeng
Foto: indonesia-1.com
Andi Malarangeng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng berharap agar pemuda Indonesia tidak hanya terpaku menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan maupun sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

"Sudah saatnya pemuda itu menjadi bos. Bos bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain," katanya di sela membuka Seminar Kewirausahaan Muda Mahasiswa dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda di Kantor Kemenpora Jakarta, Rabu (31/10).

Menurut dia, banyak peluang untuk mengembangkan kemampuan pemuda, salah satunya adalah berwirausaha. Hanya saja untuk menjadi wirausahawan harus didukung dengan kemampuan yang memadai dan harus pandai membaca peluang.

Saat ini, kata dia, jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 2 persen dari total penduduk Indonesia. Dengan demikian, peluang pemuda untuk mengembangkan kemampuannya dalam berwirausaha terbuka lebar apalagi didukung dengan kemajuan terknologi.

"Pemuda sekarang dituntut kreatif agar mampu bersaing dengan yang lain. Apalagi tahun 2015 nanti akan diberlakukan Komunitas ASEAN. Masyarakat akan bebas bekerja dan membuka usaha," katanya didepan ratusan mahasiswa LP3I (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia).

Andi menambahkan dengan belum berlakukan Komunitas ASEAN, Indonesia terutama pemuda harus secepatnya mempersiapkan diri dengan jalan menguasai sektor ekonomi dan serta dominan disektor-sektor lainnya.

"Jangan hanya cukup sebagai tuan rumah tetapi kita harus mampu berjaya di rumah sendiri dan di negara lain," kata pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement