Kamis 25 Oct 2012 22:10 WIB

Hatta: Dimanapun, Kongkalikong tidak Boleh

Rep: Achmad Syalaby Ihsan/ Red: Fernan Rahadi
Hatta Rajasa
Foto: Agung Fatma Putra
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Menko perekonomian, Hatta Rajasa, angkat bicara mengenai keluhan menteri negara BUMN, Dahlan Iskan, tentang adanya praktik kongkalikong antara DPR dengan beberapa pimpinan BUMN. Menurut Hatta, kongkalikong tidak boleh dilakukan dimanapun tempatnya.

"Kalau kongkalikong dimana pun tidak boleh. Apa ada atau tidak saya tidak masuk wilayah itu," ujar Hatta usai rapat koordinasi di kantor menko perekonomian, Jakarta, Kamis (15/10).

Hatta menjelaskan praktik seperti itu sudah masuk ranah hukum. Oleh karena itu, tidak diperbolehkan bagi pejabat pemerintah untuk melakukan hal tersebut.

Saat menjabat sebagai Menteri Perhubungan dan Menteri Negara Riset dan Teknologi, Hatta mengaku tidak pernah menemukan praktik tersebut. Terlebih, ketika saat ini menjabat sebagai menteri koordinator.

Terkait hubungan pemerintah dan DPR yang semakin memanas, Hatta menjelaskan seharusnya antara dua institusi penyelenggara negara tersebut berada dalam posisi seimbang.

"Bukan dipanggil, diundang,"ungkap Hatta. Menurutnya cara berkomunikasi antar dua lembaga tersebut harus santun dan ramah sehingga tidak mendapat presden buruk di kalangan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement