Selasa 23 Oct 2012 00:25 WIB

Ratusan Tomcat Serang RSUD dr Soedomo

Tomcat
Tomcat

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Serangga tomcat kembali melanda daerah di Jawa Timur. Serangga yang bernama latin "paederus littoralis" itu menyerang sejumlah fasilitas layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedomo, Trenggalek, Jawa Timur.

Informasi yang berhasil dihimpun, Senin, tomcat banyak dijumpai di ruang perawatan pasien. Serangan itu telah terjadi sejak sepekan terakhir sehingga dikeluhkan oleh pasien maupun keluarganya.

"Jadi seperti laron, ketika lampu dinyalakan tomcat-tomcat itu langsung muncul, bahkan terkadang jatuh di tempat tidur pasien, saya sendiri juga kena," salah seorang pasien di RSUD dr Soedomo, Trenggalek, Nurce Ekawati.

Ia menyebut, serangga tomcat biasanya muncul pada sore hari atau menjelang matahari terbenam.

Sejumlah pengunjung dan keluarga pasien berharap pihak rumah sakit segera mengambil tindakan atas serangga tomcat di sejumlah fasilitas di dalam rumah sakit. Sebab apabila tidak segera dilakukan pembasmian, mereka khawatir jumlah korban serangan tomcat akan bertambah banyak.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Trenggalek, Suparman membenarkan adanya serangan serangga tomcat di sekitar RSUD dr Soedomo.

"Tadi ketika mendapat informasi, kami langsung datang ke rumah sakit. Katanya memang tomcat itu muncul di ruangan-ruangan yang ada bagian belakang atau yang berbatasan dengan persawahan, seperti ruang sakura" ujarnya.

Untuk mengatasi wabah tomcat itu, saat ini pihak rumah sakit sudah melakukan upaya pembasmian dengan menyemprotkan cairan insektisida pada ruangan yang terserang.

Ia menduga hewan ini muncul bersamaan musim panen di area persawahan yang ada di belakang rumah sakit tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement