Rabu 17 Oct 2012 01:20 WIB

Wapres: Rel Semarang-Jakarta Selesai Sebelum Lebaran

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Hafidz Muftisany
Wakil Presiden Boediono
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Wakil Presiden Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wakil Presiden Indonesia, Budiono berharap proyek pembangunan rel ganda yang menghubungkan Semarang - Jakarta akan selesai sebelum Lebaran 2013. Pasalnya, dengan segera terselesaikanya lintasan kereta itu, dapat meringankan beban masyarakat jelang mudik nanti.

Budiono mengatakan, target penyelesaian pembangunan akhir proyek itu adalah pada bulan Juli tahun depan. Sehingga saat lebaran nanti, rel double track itu dapat meringankan kondisi lalu lintas jalan raya. "Pembangunan lintasan rel ini, manfaatnya sangat besar," kata Budiono pada wartawan di stasiun Alastua, Semarang, Selasa (16/10).

Budiono juga mengungkapkan, selain masalah Jawa Tengah, pembangunan selanjutnya di kawasan Jawa Timur juga akan rencananya akan selesai pada akhir Desember 2013. Sehingga pada awal tahun 2014 nanti, dia menyebutkan, lintas transportasi darat di pulau jawa dapat berfungsi secara optimal.

Kemudian, wapres RI ini menyampaikan, kerja sama seluruh pihak terkait sangat membantu dalam proses pembangunan trayek kereta tersebut.

Dia juga mengapresiasikan kordinasi dari Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Tengah, Pemerintah Daerah (pemda) Semarang, dan Kementrian Perhubungan, dapat terjalin dengan baik. "Masyarakat pun sangat koperatif dalam hal ini," kata Budiono.

Nantinya, bila trayek ini selesai, Budiono beranggapan, perekonomian wilayah Jawa akan merata. Pasalnya akses masyarakat untuk melakukan perjalanan lintas jawa telah tersedia dengan baik. Budiono juga menjelaskan, pihaknya akan terus memonitoring kinerja percepatan pembangunan ini. "Namun upaya pembebasan lahan, masih dalam proses," katanya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement