Kamis 11 Oct 2012 14:04 WIB

Nyalon Gubernur Jabar, Wakapolri Siap Letakkan Jabatan

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Karta Raharja Ucu
Wakapolri Komjen Polisi Nanan Soekarna
Wakapolri Komjen Polisi Nanan Soekarna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kapolri, Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna menyatakan dirinya siap meletakkan jabatan demi maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat dalam Pemilukada Jabar 2013 mendatang.

”Saya pribadi siap mundur sebagai Wakapolri. Memang sudah prosedurnya kalau ada anggota Polri yang mencalonkan diri menjadi cagub, saat itu juga dia harus mengundurkan diri sebagai anggota Polri,“ ucap Nanan di Jakarta, Rabu (10/10)

Namun jika harapannya maju dalam Pemilukada Jabar gagal, ia akan melanjutkan kariernya hingga pensiun di Polri. "Kalau enggak dipercaya, ya lanjut sampai pensiun," sebut pria kelahiran Purwakarta, 30 Juli 1955 itu.

Hingga kini Mabes Polri menegaskan belum ada keputusan final mengenai rencana pengunduran diri Wakapolri lulusan Akademi Kepolisian angkatan IX tahun 1978 itu.

”Perlu ditegaskan sampai saat ini (pengunduran diri Nanan) belum ada. Seandainya bila kemungkinan proses Pemilukada yang diikuti, tapi keikutsertaan Pemilukada akan disampaikan secara resmi oleh Komjen Nanan,“ kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri.

Kendati demikian Boy Rafli menyatakan Wakapolri memang sudah positif maju menjadi cagub Jabar. Namun, sebelum proses mendaftarkan diri di KPUD secara resmi, Nanan harus melakukan pengunduran diri.

Pilgub Jabar baru akan digelar pada 2013 mendatang. Namun sejumlah calon sudah mulai muncul antara lain Dede Yusuf yang diusung PD dan Ahmad Heryawan yang diusung PKS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement