Rabu 10 Oct 2012 23:54 WIB

Kemendag: Belum Ada Laporan Beras Impor Berarsenik

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Dewi Mardiani
Beras
Foto: sragen.go.id
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Deddy Saleh, mengaku belum mendengar dan menerima laporan terkait beras asal Thailand yang mengandung arsenik. Menurut Deddy, Indonesia telah lama tidak melakukan impor dari Thailand. 

"Sekarang belum impor," tutur Deddy usai sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 60 Tahun 2012 di Auditorium Kementerian Perdagangan, Rabu (10/10).

Terkait nota kesepahaman (MOU) yang akan membuat Indonesia mengimpor beras berjumlah satu juta ton dari Thailand, Deddy menyerahkan keputusan impor itu kepada Perum Bulog. Meski begitu, Deddy meyakini, surveyor akan melakukan verifikasi beras secara ketat di negara asalnya. 

Jika terdeteksi ada kandungan yang membahayakan seperti arsenik di dalam beras, surveyor itu pasti tidak akan meloloskan beras-beras itu. "Akan dicegah itu," kata Deddy.  

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Sutarto Alimoeso, mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Timur telah melakukan tes laboratorium terhadap dugaan adanya kandungan logam berat (termasuk arsenik) dari sampel beras impor Thailand 2011.  "Hasilnya tidak terdeteksi adanya itu," tuturnya. 

Khusus untuk tahun ini, Sutarto menyebut, Bulog belum melakukan importasi beras termasuk dari Thailand. Bulog, kata Sutarto, masih fokus untuk melakukan penyerapan beras hasil produksi dalam negeri. 

Menteri Pertanian Suswono menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya isu beras asal Thailand yang mengandung arsenik. Menurutnya, Pemerintah akan menjamin keamanan bahan pangan yang masuk ke tanah air, termasuk beras.  "Kalau mengandung itu, pasti akan ditolak masuk."

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement