Sabtu 06 Oct 2012 16:52 WIB

Polri: KPK Mengkerdilkan Dirinya Sendiri

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Karta Raharja Ucu
Irjen Sutarman
Foto: www.antaranews.com
Irjen Sutarman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPK yang berbenturan dengan Polri dinilai justu akan melemahkan komisi anti korupsi tersebut. Pernyataan itu dilontarkan Kabaraeskrim Polri Irjen Sutarman.

Menurut Sutarman, pemberantasan korupsi tidak bisa dilakukan oleh satu institusi. "Kalau terus berbenturan seperti gini, ini bukan tindakan kelemahan KPK tapi justru lemah sendiri," ujarnya dalam Konpersnya di Humas Mabes Polri, Sabtu (6/10).

Meski KPK yang memiliki kewenangan memberantas korupsi, tapi Sutarman mengklaim pihaknya juga membantu dalam pemberantasan tersebut. Karenanya, masih kata Sutarman, suatu institusi tidak bisa menyelesaikan korupsi sendiri, tapi harus kordinasi satu sama lain baik dari aspek pembinaan manajerial maupun langkah-langkah pencegahan.

Sehingga, lanjut Sutarkan, masalah seperti ini justru akan mengkerdilkan KPK. Tapi, Polri akan berkordinasi, bersinergi untuk memberantas korupsi meski Polri dianggap seolah-olah yang mengkerdilkan KPK.

Karena itu Polri akan terus bersinergi dan membantu KPK dalam segala aspek untuk membasmi korupsi. "Masalah seperti ini justru mengkerdilkan dirinya sendri. Tapi, dianggap seolah-olah kita yang mengkerdilkan. Padahal, kita harus bekerjasam bersinegi untuk memberantas korupsi. Pokoknya kita dukung dan support dari berbagai aspek," jelas Sutarman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement