Sabtu 06 Oct 2012 16:46 WIB

Kabareskrim: Polri Dukung Penguatan KPK

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Karta Raharja Ucu
Gedung KPK
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Gedung KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabareskrim, Polri Irjen Sutarman mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya, KPK adalah institusi penting untuk memberantas korupsi, kata dia.

"KPK adalah institusi yang harus kita besarkan dan dukung untuk memberantas korupsi yang kita cintai di NKRI ini," ujarnya dalam Konpersnya di Mabes Polri, Sabtu (6/10).

Menurutnya, kewenangan memberantas korupsi memang ada di tangan KPK dan Polri akan membantu dan bersinergi dalam segala aspek. Sebab, suatu institusi tidak dapat bekerja sendiri memberantas korupsi.

Sutarman menuturkan pihaknya selama ini juga punya andil dalam membesarkan KPK. Salah satunya, ujar Sutarman, dalam kasus Muhammad Nazaruddin, di mana Polri telah ikut mengajak dan mengawal KPK untuk menangkap mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu.

"Saya juga men-declare bahwa institusi yang membesarkan KPK itu polri. Contohnya kasus nazarudin, itu niat tulus kita sehingga jangan dibenturkan lagi," paparnya.

Lagipula, masih kata Sutarman, tidak ada dari lembaga tertinggi atau penyidik Polri pun yang menginginkan pelemahan KPK. Karena,Polri sangat menginginkan sebaliknya yaitu penguatan KPK dan bersinergi demo membasmi korupsi yang ada.

"KPK harus kita besarkan, semuanya mendukung penguatan KPK, termasuk personil-personil Polri," kata Sutarman menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement