Jumat 05 Oct 2012 17:48 WIB

Fotografer Republika Sabet Juara II Anugerah Pewarta Foto 2011

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hafidz Muftisany
Foto
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Foto "Lompatan Pelanggar" karya Fotografer Republika Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pewarta foto Republika, Aditya Pradana Putra, berhasil mendapatkan salah satu penghargaan prestisius dalam Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2011.

Foto berjudul "Lompatan Pelanggar" berhasil mengantarkan Aditya sebagai Pemenang II APFI 2011 kategori Spot News.

Aditya menghadirkan dalam karyanya, aksi seorang penumpang kereta api melompat di atas atap KA. Sementara penumpang lainnya berlindung dari semprotan cairan tinta yang dipasang di pintu perlintasan KA, di Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk kategori yang sama, Pemenang I jatuh kepada M Agung Rajasa, fotografer Antara dengan judul foto "Tangkap Demonstran".

"Momennya dapet banget," begitu komentar Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, atas foto Aditya saat membuka Anugerah Pewarta Foto Indonesia, di Kuningan City, Jakarta, Jumat (5/10).

Karya Aditya juga dibilang lucu dan ironis oleh salah seorang pengunjung. Mulawarman, Public Relations PT ASTRA, menilai "Lompatan Pelanggar" karya Aditya sebagai wujud nyata kegagalan pemerintah. Terutama dalam menertibkan penumpang kereta api yang masih nakal dan nekat memanjat atap kereta.

"Lucu sekali dan sangat ironis. Apalagi kalau lihat ekspresi objek fotonya. Sudah jelas melanggar, tapi tetap ketawa," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement