Jumat 05 Oct 2012 15:56 WIB

Cerita Tifatul dan Fotografi

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hafidz Muftisany
Tifatul Sembiring
Foto: Republika/Agung Supri
Tifatul Sembiring

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring memiliki cerita menarik tentang fotografi. Ia mengaku sudah akrab dengan kamera jauh sebelum dirinya menjadi menteri.

"Sebelumnya kan saya di penerbitan. Kalau ada buku-buku mau dicetak, covernya biasanya saya yang kasih referensi fotonya," ujar dia bercerita kepada Republika, saat membuka Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2011, di Jakarta, Jumat (5/10).

Saat mulai menjabat sebagai menteri, ia mulai melengkapi hobi fotonya dengan sebuah kamera profesional. Seringkali saat berkunjung ke beberapa daerah, ia menyalurkan hobi fotograginya. Objek alam merupakan favorit bidikannya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, memotret menggunakan gadget jadi pilihan yang lebih praktis bagi pria asal Sumatera Barat itu. "Sekarang kebanyakan pakai telepon genggam. Nanti kadang saya unggah di twitter," ujarnya.

 

Ia menunjukkan beberapa koleksi foto di teleponnya. Kejadian-kejadian menarik di jalan menjadi objek paling banyak yang ia abadikan. Seperti ketika mengajak keluarganya ke Ancol. Tifatul memotret sebuah mobil bertuliskan "Infosibel". Atau saat berkunjung ke terminal, ia mendapati ruangan bersimbol "Very Invortan Verson (VIV). "Hal-hal seperti itu menarik untuk difoto," cerita dia.

Tifatul mengungkapkan, citizen journalist menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap dunia warta dan foto. Semua orang, dengan gadget yang sederhana memiliki kesempatan untuk mengabadikan momen menarik dalam kehidupan sehari-hari.

"Sekarang itu siapa saja bisa dan hobi fotografi. Ini kan pertada bagus, siapapun bisa menjadi pengingat dan pencatat," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement