Kamis 27 Sep 2012 10:36 WIB

Hawk-200 Mendarat, Bandung Air Show (BAS) 2012 Dibuka

Bandung Air Show (BAS) 2012
Bandung Air Show (BAS) 2012

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Bandung Air Show (BAS) 2012 resmi dibuka. Pembukaan itu sekaligus ditandai dengan mendaratnya tiga unit pesawat tempur Hawk-200 dari Skadron 12 Rusmin Nuryadin Pekanbaru di Lanud Husein Sastranegara Bandung, Kamis (27/9).

Pesawat tempur berjuluk 'Black Pather' itu mendarat sekitar pukul 09.15 WIB dan langsung mendapat 'aplaus' dari undangan yang hadir di Hanggar 2 Lanud Husein itu. Ketiga pesawat itu sempat melakukan manuver di langit Bandung termasuk terbang rendah sebelum melakukan pendaratan.

"Flight Hawk-200 tadi merupakan ucapan selamat bagi Bandung Air Show 2012 ini, dan ini sebuah sejarah bagi Bandung didarati pesawat tempur Hawk-200," kata Pangkoopsau I Marsda TNI Bagus Purwito di sela-sela pembukaan Bandung Air Show 2012.

Ketiga pesawat andalan TNI AU dalam menjaga kawasan udara Indonesia itu melakukan konvoi di hadapan podium undangan selanjutnya menuju salah satu hanggar di lapangan udara itu. Sementara itu pembukaan Bandung Air Show dilakukan oleh Marsda TNI Bagus Purwito, Wali Kota Bandung H Dada Rosada, Komandan Pangkalan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Umar Sugeng.

Kegiatan Bandung Air Show 2012 digelar dalam rangka HUT Kota Bandung ke-202 yang tepat jatuh pada 25 September 2012. Selain kehadiran pesawat Hawk-200, pembukaan BAS juga diwarnai dengan aktraksi dari Tim Dinamic Heli Pegasus dari Skadron-7 yang melakukan aksi berbaris sambil terbang rendah.

Aktraksi heli jenis Colibry itu melakukan aksi 'baris berbaris' layaknya tentara yang sedang melakukan defile. Aksi Colibry diiringi dengan gamelan pencak silat Sunda. Suasana di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara Bandung berubah menjadi meriah oleh tim akrobatik helikopter itu.

Para awal Colibry benar-benar memberikan tontonan menarik di Bandung, setelah dua tahun lalu juga hadir di acara sama di sana.

Selain itu juga V formation beberapa formasi lainnya yang membuat decak kagum. Sementara itu BAS 2012 juga dimeriahkan dengan pameran pesawat Cassa dari Pilot Academy Bandung, Tim Malaysia, Australia serta dari Amerika, pesawat Boeing 737-300 milik Lion Air, pesawat Swayasa buatan SMKN 20 Bandung serta pesawat tempur tua.

Dipamerkan pula kendaraan tempur Panser AVP Anoa buatan Pindad, kendaraan Hummvy, serta pameran poduk kedirgantataan, serta produk unggulan Kota Bandung. Sementara itu Wali Kota Bandung, H Dada Rosada menyatakan BAS 2012 ini merupakan salah satu kegiatan HUT Kota Bandung ke-202, sekaligus pula bagian dari satu bulan satu kegiatan di Bandung.

"BAS ini merupakan komitmen Kota Bandung menjadi Kota Dirgantara, karena Bandung memiliki sejarah dengan perkembangan kedirgantaan di Indonesia," kata Dada Rosada.

Menurut Dada, BAS 2012 juga sebagai upaya Kota Bandung untuk mendukung program edukasi dan pengenalan teknologi kepada masyarakat. BAS, lanjut dia, rencananya akan digelar menjadi kegiatan dua tahunan dan bekerjasama dengan Lanud Husein Sastranegara Bandung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement