Senin 24 Sep 2012 20:00 WIB

Kedelai Hitam Bantul Diakui Dunia

Kedelai Hitam. Ilustrasi
Foto: ANTARA
Kedelai Hitam. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL, DIY - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengatakan, kedelai hitam yang dihasilkan petani Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk salah satu jenis kedelai terbaik dan diakui di dunia.

"Bapak-bapak harus bangga karena Bantul salah satu produsen kedelai hitam terbaik di dunia," kata Krisnamurthi, saat berdialog dengan para petani kedelai di Dusun Kuthu, Desa Sumbermulyo, Bantul, Senin (24/9).

Menurut dia, kecap salah satu makanan dengan menggunakan bahan baku utama kedelai hitam, dan salah satu kecap dengan merk ternama di Indonesia juga memakai kedelai hitam dari Bantul.

"Seperti kita ketahui bahwa kecap itu produksinya juga luar biasa, bahkan kecap ini juga diekspor sampai ke 16 negara di seluruh dunia, di antaranya Hong Kong, Mekkah. Jadi kalian sebagai petani harus berbesar hati," katanya.

Kelangkaan kedelai sempat terjadi di Indonesia; dikarenakan panen yang tidak mencukupi keperluan domestik serta impor yang kurang dari keperluan nyata. Akibatnya pembuat tahu dan tempe kelimpungan, pilihannya cuma dua, mengecilkan ukuran atau menaikkan harga tahu dan tempe buatan mereka. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement