Kamis 20 Sep 2012 15:37 WIB

AS Tutup Sementara Kantornya di Jakarta

Gedung Kedubes Amerika Serikat di Jakarta.
Foto: Adhi Wicaksono
Gedung Kedubes Amerika Serikat di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan pengumuman terkait penutupan kantor-kantor misi AS di Indonesia untuk sementara pada Jumat (21/9).

Siaran pers Kedutaan Besar AS  di Jakarta, Kamis, menyebutkan penutupan itu karena adanya potensi demonstrasi signifikan di depan fasilitas milik pemerintah Amerika Serikat.

Kantor-kantor misi yang ditutup adalah Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Kantor Perwakilan AS di Medan, Kantor Agen Konsuler AS di Bali, dan Misi AS untuk ASEAN.

Penutupan kantor misi AS di Indonesia itu telah lebih dulu dilakukan di Kantor Perwakilan AS di Medan yang dimulai pada Kamis lalu.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami sarankan, seperti biasanya bahwa Anda harus menghindari kerumunan besar dan pertemuan-pertemuan lainnya yang mungkin berujung pada kekerasan. Kami akan terus memantau situasi dan memberikan informasi lebih lanjut, jika diperlukan," demikian rilis Kedubes AS.

Kedubes AS juga menyarakankan kepada warga Amerika Serikat yang tinggal dan sedang mengadakan perjalanan di Indonesia untuk mendaftar dalam Program SMART dan memperbarui informasi mereka masing-masing dengan kantor misi AS setempat.

Pendaftaran akan memfasilitasi kontak Misi Amerika Serikat dengan warga negara Amerika dalam keadaan darurat, dan dapat dilakukan secara online sebelum perjalanan dilaksanakan.?

Informasi tentang mendaftar dengan Program SMART dapat ditemukan di situs Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, bagian Konsuler di http://step.state.gov dan di situs Kedubes Amerika Serikat di http://jakarta.usembassy.gov.

Di dalamnya, warga negara Amerika Serikat juga dapat menemukan berita dari Kedutaan yang dikeluarkan baru-baru ini untuk publik.

Untuk informasi keamanan terbaru, warga negara Amerika yang tinggal dan bepergian ke luar negeri harus secara teratur memonitor situs Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, bagian Konsuler di http://travel.state.gov.

Berita Worldwide Caution, Travel Alerts, Travel Warnings dan informasi tentang kesehatan lainnya dapat ditemukan.

Kedubes AS Juga menyampaikan informasi terkini mengenai keamanan yang dapat diperoleh dengan menghubungi 1-888-407-4747 bebas pulsa di Amerika Serikat dan Kanada, atau, untuk penelepon di luar Amerika Serikat dan Kanada, dapat menghubungi nomor 1-202-501 - 4444.

Kedubes Amerika Serikat Jakarta yang terletak di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Selatan 5, dapat dihubungi 24 jam di nomor telepon +62-21-3435-9000.

Nomor telepon Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya adalah +62-31-297-5300, Kantor Perwakilan Amerika Serikat di Medan adalah +62-61-451-9000, dan Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Bali adalah +62-361-233-605.

Aksi protes terhadap Amerika Serikat terkait pemutaran film "Innoncence of Muslims" terus terjadi. Di Indonesia, aksi protes di depan Kantor Kedubes AS diwarnai kericuhan yang melukai anggota kepolisian.

Sementara itu di Kota Bogor, gelombang aksi protes terjadi pada Minggu (16/9) yang dilakukan 1.500 Muslim dari sejumlah organisasi masyarakat, di antaranya HTI, MUI dan KBM. Aksi protes juga dilakukan HMI Kota Bogor, Rabu (19/9)

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement