Ahad 16 Sep 2012 22:09 WIB

Pilgub Sulsel Diperkirakan JK Satu Putaran

  Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, memberikan sambutan saat mengadakan apel siaga lebaran di Markas Pusat PMI, Gatot Subroto, Jakarta, Senin (13/8).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, memberikan sambutan saat mengadakan apel siaga lebaran di Markas Pusat PMI, Gatot Subroto, Jakarta, Senin (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JENEPONTO - Mantan Presiden H M Jusuf Kalla memprediksi pemilhan gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan pada Januari 2013 hanya berlangsung satu putaran.

"Saya yakin Pilgub Sulsel hanya satu putaran saja, tidak akan ada dua putaran, karena di prediksi hanya akan ada dua calon yang lolos," sebutnya di sela kunjungan proyek Bosowa Energi PLTU di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Jeneponto, Ahad.

Ketua PMI Pusat ini menyebutkan, memang ada tiga bakal calon yaksi pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) kemudian incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang Sayang, serta Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda Na).

Namun dia menyatakan, salah satu dari tiga pasangan yang sudah disebutkan tadi, tidak akan lolos karena masih akan di verifikasi di tingkat KPU Sulsel terkait dukungan keabsahan pendukung partai yang dinilai ada yang ganda.

Apabila nantinya ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat, dipastikan hanya dua pasangan calon akan bertarung. Berarti untuk menang jumlah suara satu calon pasangan harus diatas 50%, dan dia yakin itu bisa dipenuhi salah satu dari dua pasangan calon yang akan bertarung nanti.

JK menuturkan bahwa kedua pasangan yang nantinya lolos adalah sama-sama kuat, dan sama-sama memiliki peluang yang cukup besar menang dan menjadi gubernur dan wakil gubernur Sulsel periode 2013-2018.

"Tetapi siapa pun pasangan yang terpilih nanti, pastilah adalah pasangan yang terbaik. Kalau nantinya ada yang menang, dipastikan hanya menang tipis, karena kedua pasangan sama-sama kuat," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement