Kamis 13 Sep 2012 15:38 WIB

Antisipasi Teroris, Vila Diawasi Ketat

Penginapan di kawasan wisata Cipanas, Jawa Barat (ilustrasi)
Foto: inilahjabar.com
Penginapan di kawasan wisata Cipanas, Jawa Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Polres Cianjur, Jawa Barat (Jabar), meningkatkan pengawasan terhadap vila-vila di kawasan Cipanas sebagai antisipasi masuk dan bersembunyi teroris di wilayah tersebut. Kapolres Cianjur, AKBP Agustri Heriyanto, Kamis (13/9), mengatakan, selain meningkatkan pengawasan yang dilakukan satuan intelijen dan satuan patroli, pihaknya menekankan pemberdayaan anggota babinkamtibmas di masing-masing wilayah.

"Sekitar 350 anggota babinkamtibmas yang tersebar di 24 kecamatan, lebih menguasai lapangan dan mengetahui setiap radius 200 meter jumlah warga yang ada. Untuk deteksi dini peran mereka lebih kita tingkatkan," katanya.

Dia menuturkan, upaya antispasi dan upaya mempersempit ruang gerak teroris yang kembali beraksi di sejumlah kota di Indonesia, sejak jauh hari dilakukan pihaknya. Hal tersebut, dilakukan sebagai upaya menciptakan Cianjur, aman, tentram dan kondusif.

Sementara itu, sebagai bentuk pengawasan terhadap sejumlah vila dan rumah kontrakan yang banyak terdapat di wilayah hukum Polres Cianjur, pihaknya melibatkan petugas keamanan dan masyarakat setempat. Pihaknya mengimbau masyarakat ikut serta mengawasi dan melaporkan, apabila menemukan kecurigaan terhadap pendatang yang menghuni vila atau rumah kontrakan.

"Peran aktif babinkamtibmas, sangat diperlukan, karena selama ini, mereka sangat dekat dengan lingkungan tempat mereka bertugas. Sehingga masyarakat, dapat melaporkan hal yang mencurigakan, atau kedatangan orang baru yang dicurigai, pada petugas kami di lapangan," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement