Senin 03 Sep 2012 22:13 WIB

Menginap Murah? Pilih Saja 'Hotel Budget'

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Hotel Sungie Wang, Kuala Lumpur, salah satu jenis hotle budget di Malaysia
Foto: www.ecosea.com
Hotel Sungie Wang, Kuala Lumpur, salah satu jenis hotle budget di Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Siapa bilang berlibur tidak membutuhkan persiapan. Justru, persiapan itu kunci vital dalam sukses atau tidaknya liburan.

Poin utama dari persiapan berlibur adalah memilih tempat menginap. Dalam dunia pariwisata, posisi tempat menginap akan menentukan efesiensi dana yang dikeluarkan sekaligus bakal menentukan sejumlah tempat yang akan dikunjungi. Jadi, keliru bagi anda yang menyepelekan hal yang satu ini.

Direktur Sales and Marketing, Tune Hotels Indonesia, Emeraldo Parengkuan mengatakan memilih tempat menginap bakal menentukan seberapa besar efisiensi dana yang bakal dikeluarkan ketika berlibur. Sebab, tempat menginap merupakan item yang menyita anggaran liburan.

"Sekarang banyak pilihan tempat menginap bagi wisatawan. Namun yang tengah tren adalah hotel budget," kata dia saat berbincang dengan ROL, Senin (3/9).

Yang dimaksud hotel budget, kata dia, adalah hotel yang menawarkan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Artinya, konsumen dapat memilih layanan lain diluar tempat menginap seperti misal pendingin udara, koneksi internet, air panas atau dingin pada fasilitas kamar mandi, dan layanan hiburan televisi.

"Jadi, anda tidak mesti membayar full service. Bila dibandingkan dengan hotel konvensional hematnya bisa lebih 50 persen," papar dia.

Di Tune Hotel misalnya, konsumen diberikan tawaran awal 150 ribu per kamar. Itu baru layanan standar kamar saja seperti tempat tidur dan kamar mandi. Kalau konsumen menginginkan layanan lebih ia tinggal menambah biaya layanan lainnya. "Jangan ragukan kualitasnya lho, layanan tetap diperhatikan.  Ya mengikuti hotel kelas bintanglah," kata dia.

Namun, kata Emeraldo, guna menikmati layanan ini konsumen terlebih dahulu booking melalui laman hotel yang dituju. Untuk menginap di Tune Hotel misalnya, konsumen perlu mengakses laman tunehotels.com, guna mendapatkan tawaran harga menarik yang sesuai dengan hari berlibur yang dikhendaki.

Emeraldo menjelaskan Tune Hotel sendiri telah ada di Bali, tepatnya Legian dan Kuta. Untuk Jakarta, Tune Hotel baru saja membuka cabang barunya di Pasar Baru. Tune Pasar Baru sendiri menyiapkan 168 kamar yang terdiri dari 125 kamar kelas Double, 42 kamar Twin-Sharing dan satu kamar khusus untuk konsumen berkebutuhan khusus.

"Nantinya, kami akan buka di Pekan Baru, Makassar, Solo, Palembang dan Surabaya, atau 10 hotel baru yang bakal dibangun pada 2013 mendatang," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement