Jumat 31 Aug 2012 19:17 WIB

Teror Solo, Rakyat Diminta tak Terpancing

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Bibit Waluyo
Bibit Waluyo

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG --Terkait kasus penembakan di Solo, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menghimbau warga tidak terpancing. Bibit pun meminta warga dan aparat dapat bersatu menjaga keamanan kota.

"Saya minta seluruh masyarakat bersama-sama dengan aparat bersatu padu menciptakan kondisi yang nyaman, aman dan damai. Masyarakat jangan terpancing, kaau terpancing malah jadi tidak produktif," ujarnya, Jumat (31/8).

Gubernur pun tak habis pikir penembakan terhadap aparat tersebut. Dia pun mngecam pelaku kekerasan penembakan. "Apa tidak kasihan dengan korban meninggal?? Bayangkan kalau korban adalah bapaknya saudaranya," kata Bibit.

Terkait isu terorisme dalam kasus tersebut, Bibit mengatakan masalah teroris merupakan kekosongan jiwa. Pelakunya hanya mendapat kepuasan hati.

"Sesama warga kok meneror. Mau merubah kondisi apa kaya gitu? Kelompok itu melakukan untuk kepuasan hati. Mati itu sangune (bekalnya) perilaku, iman, ajaran agama yang baik. Gak ada teorinya  (pelaku teror) masuk surga," ujarnya

Tiga kali, aksi penembakan terjadi di Solo. Pada Kamis (31/8) malam, aksi penembakan terjadi di Pos Polisi Serengan dan menewaskan Bripka Dwi Data Subekti (56 tahun). Sebelumnya, pada Jumat (17/8) Pos Polisi Gemblekan ditembaki peluru.

Dua polisi terkena tembakan. Kemudian pada saat malam lebaran, pos pengamanan Gladak di lempari granat. Tak ada korban, namun sempat menyebabkan kepanikan. Hingga kini, kasus teror tersebut saat ini ditangani Kapolda Jateng dan Mabes Polri, dengan melibatkan Inafis, Puslabfor, Densus 88, dan Bareskrim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement