Senin 27 Aug 2012 13:36 WIB

Usai Ratas, Sejumlah Pejabat Berangkat ke Sampang

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Gamawan Fauzi
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Usai rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sejumlah pejabat negara langsung terbang ke Surabaya. Keberangkatan mereka terkait bentrokan di Sampang, Madura, Jawa Timur yang terjadi akhir pekan lalu.

Para pejabat yang berangkat, di antaranya Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Amir Syamsuddin; Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi; Kapolri, Jenderal Timur Pradopo; dan Panglima TNI, Laksanama Agus Suhartono.

“Hari ini saya terbang ke Surabaya,” kata Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi saat ditemui, Senin (27/8). Ia mengatakan keberangkatannya ke Surabaya tak lain untuk mendalami akar dari peristiwa tersebut sebelum mengambil keputusan lebih lanjut tentang komunitas ataupun lokasi bentrokan. Gamawan sendiri mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Rencananya, setelah pendalaman, ia dan menteri lainnya akan rapat. “Saya bersama Menkumham, Kapolri, dan Panglima TNI akan berangkat siang ini. Nanti malam kami rapat,” katanya.

Kapolri, Jenderal Timur Pradopo pun membenarkan dirinya akan berangkat ke Surabaya. Ia mengatakan akan melihat secara langsung fakta yang terjadi di lapangan. “Saya dan Panglima TNI akan ke lokasi siang ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement