Jumat 24 Aug 2012 20:17 WIB

Hutan Lindung di Lahat Terbakar

Rep: Maspril Aries/ Red: Chairul Akhmad
Kebakaran hutan (ilustrasi).
Foto: Antara/Rahmad
Kebakaran hutan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Diperkirakan puluhan hektar kawasan hutan lindung di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) hangus terbakar.

Sampai Jumat (24/8), belum ada data pasti berapa luas areal hutan lindung Bukit Serelo dan Bukit Kenubut yang berada dalam wilayah Kecamatan Merapi tersebut hangus terbakar.

Menurut beberapa warga Desa Ulak Pandan, jika melihat kobaran api yang besar ditambah dengan angin yang kencang, areal hutan yang terbakar berada di lereng bukit dan luasnya diperkirakan bisa mencapai ratusan hektar. 

Warga sejak Kamis (23/8) malam telah melihat kobaran api yang memerah dengan garis memanjang di lereng bukit yang merupakan area hutan dan semak belukar.

Melihat kondisi tersebut, Syariful Elmi, Sekretaris Desa Ulak Pandan, bersama warga melaporkan kebakaran tersebut ke pihak kecamatan setempat. Warga desa mengaku cemas dan khawatir jika kebun mereka yang berada di kaki bukit ikut terbakar.

Untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas ke perkebunan, warga pun berjaga-jaga agar api tidak meluas. Mereka membawa peralatan untuk pemadaman seadanya.

Mengenai penyebab kebakaran Syariful dan warga tidak bisa memastikan. “Sekarang sedang musim kemarau, ada banyak kemungkinan kenapa hutan di Bukit Serelo terbakar,” katanya.

Menurut beberapa warga, kebakaran hutan lindung di Bukit Serelo di wilayah Desa Ulak Pandan kali ini bukan peristiwa yang pertama. Pada musim kemarau 2011 lalu, hutan di bukit Kenubut tersebut juga pernah terbakar, namun tidak sampai ke bukit Serelo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement