Ahad 19 Aug 2012 16:50 WIB

Keluarga Berebut Antrean Kunjungan di Lapas Cipinang

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Sudut penjara di Lapas Cipinang, Jakarta.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Sudut penjara di Lapas Cipinang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para keluarga narapidana telah mulai berdatangan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II A Narkotika Cipinang, Jakarta pada Ahad (19/8) yang juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

Berdasarkan pantauan, para keluarga narapidana sudah mulai mengantre sejak pukul 04.00 WIB di gerbang LP. ''Saya sudah dari pukul 04.00 WIB datang ke sini,'' ujar Yanti, warga Cakung, Jakarta.

Sementara itu, Umi, pengunjung lainnya mengatakan kebiasaan orang Indonesia yang tidak tertib membuat antrean nampak semrawut. ''Yang salah orangnya tidak tertib bukan petugasnya,'' kata dia.

''Saya tinggal di Kramat Jati. Saya ingin nengok anak saya. Walaupun dekat, malas pulang kemudian harus ke sini lagi. Jadi nunggu saja,'' ujar Umi beruntung mendapat nomor antrean 36.

Menurut dia, kalau mendapat antrean hingga 200-an bisa sampai siang. ''Apalagi peraturan disini ketat, tidak bisa nebeng ke antrean awal,'' katanya. 

Menurut Umi, biasanya banyak keluarga yang berkunjung ke LP Cipinang selama Idul Fitri. ''Apalagi buat hari ini dan besok, jamnya tidak dibatasi. Banyak keluarga yang bisa memanfaatkan momen ini. Sementara di hari biasa, jam kunjungan dibatasi waktunya,''kata dia.

Pantauan, sebagian besar para pengunjung nampak kecewa karena tidak tertibnya antrean pengunjung. Setelah mendapat nomor antrean, para keluarga, sebagian besar kembali ke rumahnya masing-masing. Hal ini karena mereka mendapat informasi bahwa jam besuk baru dimulai pukul 09.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement