Jumat 17 Aug 2012 01:55 WIB

Marzuki Alie: Demokrasi Indonesia Belum Berkualitas

Ketua DPR Marzuki Alie
Foto: Andika Wahyu/Antara
Ketua DPR Marzuki Alie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, menilai peradaban demokrasi yang dibangun di Indonesia belum berkualitas. Yakni, belum bersendikan kepada hakikat kemanusiaan, keadilan sosial, supremasi hukum dan hak asasi manusia.

"Ruang demokrasi yang telah dibuka lebar melalui amandemen UUD 1945 dan perundang-undangan lainnya seharusnya makin berkualitas," ketua Marzuki seperti dikutip Antara.

Belum optimalnya peradaban demokrasi masih terjadi meski Indonesia telah melalui reformasi di bidang politik, ekonomi dan sosial-kemasyarakatan sejak tahun 1998. Demokrasi yang berkualitas akan dapat mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa.

Pada bagian lain, Marzuki mengatakan bangsa Indonesia hingga kini masih merasakan bahwa masih banyak yang harus ditata selain demokrasi. Penataan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa itu harus dilakukan untuk memastikan arah perjalanan bangsa ke depan.

"Satu hal yang harus tetap kita jaga, aset terpenting dari kemerdekaan Republik Indonesia adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Bagi kita, persatuan adalah kekuatan yang merupakan awal dari kebangkitan," kata Marzuki.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement