Kamis 09 Aug 2012 16:00 WIB

Biaya Lebaran, Petani Magetan Gadaikan Traktor

PT Pegadaian
PT Pegadaian

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Petani di Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggadaikan mesin traktor miliknya ke kantor pegadaian setempat untuk membiayai kebutuhan keluarga merayakan Lebaran 2012 mendatang.

Salah satu petani asal Desa Barat, Kecamatan Barat Suratno, Kamis mengaku tidak segan menggadaikan traktornya, karena hal tersebut sudah beberapa kali dilakukannya.

Biasanya, ia dan sejumah petani lainnya selalu menggadaikan traktornya menjelang tahun ajaran baru sekolah ataupun Idul Fitri.

"Uang hasil menggadaikan traktor tersebut akan saya gunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga saat merayakan lebaran. Sedangkan sisanya dipakai untuk membeli benih," kata Ratno kepada wartawan.

Dari hasil gadai itu, Ratno bisa mendapatkan uang antara Rp 3 juta hingga Rp 10 juta. Ratno menjelaskan, traktor yang digadaikan itu, nantinya akan ditebus pada tiga hingga empat bulan mendatang. Biasanya bertepatan dengan masa memasuki musim panen tiba.

"Setelah ditebus pada masa panen, traktor itu bisa lagi digunakan untuk mengerjakan sawah seperti biasanya," katanya.

Petugas Pegadaian Barat, Magetan, Suraji mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 75 traktor milik petani yang telah digadaikan di kantor pegadaian setempat. "Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga ratusan traktor saat mendekati lebaran mendatang. Hal ini sudah menjadi kebiasaan petani saat jelang lebaran tiba," ujar Suraji.

Menurut dia, para petani bisa sewaktu-waktu menebus kembali traktornya, dengan batas waktu maksimal tiga hingga empat bulan. Adapun, setiap 15 harinya para petani akan dikenakan bunga sebesar 1,2 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement