Kamis 09 Aug 2012 15:20 WIB

Jabar akan Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Asian Games

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dewi Mardiani
Dede Yusuf
Foto: Republika
Dede Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Setelah menyelenggarakan PON XIX/2016, Jabar ingin menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Menurut Wakil Gubernur Jabar, Dede Yusuf, Pemprov berencana akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah di ajang olah raga yang cukup bergengsi itu.

"Jabar sangat memungkinkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kami akan mengajukan diri untuk itu, dan siap untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan," ujar Dede di sela-sela pemantauan latihan atlet Pelatda PON XVIII/2012 di Padjadjaran Sport Center Bandung, kemarin.

Dede yang juga mantan atlet nasional taekwondo itu menyatakan optimismenya untuk bisa menggelar ajang olah raga terbesar di Asia itu. Karena, dua tahun sebelumnya Jabar ditunjuk menjadi tuan rumah PON XIV/2016. Dede menilai, infrastruktur yang dibangun untuk PON, bisa digunakan untuk pertandingan Asian Games.

Kalau digelar di Jabar khususnya Kota Bandung, kata dia, maka bisa menyetarakan  Bandung-Jabar dengan kota-kota penyelenggara Asian Games lainnya. "Jabar akan mampu menggelar ajang olahraga itu, Jabar pasti bisa," kata Dede.

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan Jabar, sambung Dede, akan membangun fasilitas olahraga yang bertaraf internasional. Sehingga, lanjutnya, bisa digunakan untuk ajang PON 2016 dan Asian Games 2018 sekaligus. Salah satunya adalah fasilitas kolam renang bertaraf internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement