Senin 06 Aug 2012 16:00 WIB

Pilkada Serempak, Demokrat Dukung Kemendagri

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hafidz Muftisany
Saan Mustofa
Foto: Republika
Saan Mustofa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Partai poltik (Parpol)  Demokrat mengaku mendukung rencana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penyelengaran Pemilihan Umum Kepala daerah (Pemilukada) agar dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak sisi poitif dan keuntungan didalamnya

“Kami mendukung Kemendagri, karena hal itu bagus dan memiliki banyak sisi positif,” ujar wakil Ketua Umum Demokrat Saan Mustapa pada Republika, Senin (6/8).

Beberapa sisi positif diantaranya,  dengan menyelenggarkan pemilukada serempak akan mendapatkan banyak penghematan, akan menciptakan kualitas Pemilukada yang bagus, mengurangi konflik horizontal yang sering terjadi dan dapat meminimalisir biaya.

“Pemilukada serempak dapat mengurangi masalah, karena semua orang di seluruh Indonesia memiliki kefokusan yang sama, sehingga semua pihak yang terlibat akan konsentrasi  full pada Pemilukada,” tambahnya.

Sehingga, keserentakan ini juga jelas Saan dapat menjadi salah satu upaya dalam mengatasi masalah dan kelemahan yang sering terjadi di pemilukada-Pemilukada dewasa ini. Meskipun, menurutnya penyelenggaran ini harus dilakukan secara bertahap.

“Itu bisa dilakukan tapi, harus bertahap karena banyak dilakukan penarikan, misalkan Pemilukada 2014 nanti bisa ditarik ke 2013 atau  sebaliknya ,”jelas anggota DPR ini.

Namun, Saan meyakini rencana ini bisa terjadi atau dapat diterapkan pada tahun 2013 mendatang,”Iya, mungkin bisa mulai dilakukan tahun 2013 besok, seperti yang saya katakan tadi, ada penarikan,” ungkapnya.   

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mewacanakan da merencanakan penyelengaran Pemilihan Umum Kepala daerah (Pemilukada) agar dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement