Senin 23 Jul 2012 16:40 WIB

DPRD Panggil Kapolda Sulteng Terkait Tragedi Balaesang

Garis Polisi   (Ilustrasi)
Foto: Arief Priyono/Antara
Garis Polisi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Komisi I DPRD Sulawesi Tengah akan memanggil Kapolda setempat Brigjen Pol Dewa Parsana terkait dengan tragedi Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala yang menewaskan seorang warga dan melukai empat orang lainnya.

"Kapolda harus dimintai penjelasan secara institusi karena ada dugaan penembakan terhadap warga di Balaesang Tanjung sekaligus untuk memberikan penjelasan kepada kami tentang penanganan kasus-kasus penembakan di berbagai tempat yang sampai sekarang tidak selesai," kata Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Tengah Yahya R Kibi di Palu, Senin.

Dia mengatakan, rencana pemanggilan itu akan dilakukan pekan depan setelah anggota DPRD khususnya Komisi I selesai melakukan kunjungan kerja ke luar daerah.

"Kami berikan kesempatan dulu masyarakat melakukan rekonsiliasi dan ke polisi mengurus masyarakat yang berkonflik. Setelah itu kami mengurus orang yang meninggal. Kenapa dia sampai terkena tembak," kata Yahya.

Wakil Ketua Komisi I Ridwan Yalidjama juga membenarkan bahwa komisinya akan memanggil Kapolda terkait tragedi penembakan yang terjadi di Balaesang Tanjung pada Rabu (18/7) yang menewaskan Masdudin alias Sando.

"Ini harus diusut tuntas. Kami mengundang Kapolda untuk memberikan klarifikasi terhadap aksi penembakan itu," kata Ridwan.

Dia mengatakan, DPRD perlu mengetahui kenapa sampai polisi menembak warga sampai tewas, berapa banyak korban, bagaimana penanganan kasusnya dan sebagainya. "Kami juga minta supaya masyarakat yang membakar rumah masyarakat lainnya diusut tuntas. Ini juga harus diproses," kata Ridwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement