Sabtu 14 Jul 2012 15:41 WIB

Pemerintah Diminta Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)
Foto: antara
Sembako di Pasar Tradisional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- Menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, harga berbagai kebutuhan dan sembako mulai meroket di beberapa daerah. Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengimbau pemerintah untuk megantisipasi kenaikan harga sembako ini.

"Harga sembako menjelang Ramadhan dan Lebaran cenderung naik karena kebutuhan masyarakat meningkat," kata Anas Urbaningrum usai kegiatan panen raya di Desa Kebonagung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (14/7).

Hadir pada kegiatan panen raya tersebut antara lain, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan, Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Ketua Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

Menurut Anas kecenderungan kenaikan harga sembako ini harus menjadi perhatian pemerintah dan hendaknya diantisipasi. Kecenderungan kenaikan harga sembako tersebut, menurut dia, bisa diantisipasi dengan melakukan operasi pasar, seperti operasi pasar beras, gula, dan sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Anas juga menyatakan, Partai Demokrat mendukung kebijakan pemerintah di bidang pertanian yakni meningkatkan produksi pertanian yang sasarannya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. "Partai Demokrat lebih berkonsentrasi dalam mendukung pemerintah meningkatkan produksi pertanian," kata Anas

Anas mengakui, lahan pertanian terus mengalami penyusutan terutama di pulau Jawa, sehingga solusinya dengan melakukan program intensifikasi. Kemudian di luar pulau Jawa, menurut dia, dilakukan program ekstensifikasi dan diversifikasi pertanian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement