Selasa 03 Jul 2012 16:23 WIB

Tenang, Ada Pos Penukaran Uang Receh BI di PRJ

Rep: Alicia Saqina/ Red: Hafidz Muftisany
Pekan Raya Jakarta
Foto: Republika/Adhi
Pekan Raya Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, KEMAYORAN--Bagi Anda yang sedang mencuci mata di Pekan Raya Jakarta dan bingung ingin berbelanja karena tidak memiliki pecahan uang kecil, tidak usah bingung.

Sebab kini ada pos penukaran uang yang sengaja disediakan oleh Tim Kas Keliling BI di PRJ, dan sudah siaga sejak 'Pasar Malam' ini dibuka. Pos penukaran uang ini bisa dengan mudah Anda temukan di Hall A 2.

Kasir Dua Pengelolaan Uang Keluar Bank Indonesia Agus Taufik, mengatakan setiap harinya menyediakan uang pecahan sebesar Rp 550 juta untuk penukaran. ''Itu terdiri dari uang logam dan uang kertas,'' tutur Agus kepada Republika, beberapa hari yang lalu.

Agus menuturkan antusias pengunjung sangatlah tinggi. Pihaknya pun kadang merasa kewalahan melayani nasabah penukaran uang ini. Sebab, selalu saja ada antrean yang tak kunjung putus.

Untuk pecahan uang logam, yang tersedia yaitu Rp 500 dan Rp 1.000. Sedangkan untuk uang kertas, yaitu mulai dari Rp 2.000 hingga Rp20 ribu.

Ungkap Agus, pihaknya memiliki trik tersendiri untuk menyiasati ramainya orang yang ingin menukarkan uang.

Tim kas BI keliling melalui Petugas Pengamanan BI (PAMBI), membagikan 100 nomor antre pertama ketika mulai buka loket pukul 14.00 WIB. ''Tidak kesemuanya kami bagi,'' ujar Agus. Kemudian setelah itu, dilanjutkan kembali pembagian nomor antrean sesi berikutnya.

Hal ini pun, masih dibatasi lagi. Lanjut Agus, jadi setiap penukar masing-masing hanya dibolehkan mendapatkan satu pak uang kertas dan uang logam. ''Ingin tutup hanya buat shalat saja pada protes,'' ucap Agus.

Bagi Anda pengunjung yang ingin menukarkan uang pecahan kecil, jangan khawatir besar nominal penukaran tidak sesuai dengan nominal yang Anda berikan. Sebab pihak BI sangat menjamin tidak akan ada kesalahan, pun tidak ada pengenaan biaya penukarannya.

''Bahkan uang yang robek saja (yang ditukarkan oleh pengunjung) kita ambil, tukar dengan pecahan yang baru,'' tegas Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement