Rabu 27 Jun 2012 09:59 WIB

'Lindungi' Rendang, Sumatera Barat Gelar Festival

Rendang
Foto: www.rendangpadangenak.blogspot.com
Rendang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -Guna 'melindungi' rendang dari pengakuan negara lain, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat menggelar Festival Rendang.

"Rendang salah satu kuliner yang harus dipertahankan oleh masyarakat Sumbar," kata Wakil Gubernur Muslim Kasim di sela-sela menghadiri Festival Rendang yang berlangsung di Padang pada 25 hingga 27 Juni.

Menurutnya, rendang bukan sekedar kreatifitas memasak, akan tetapi lebih sebagai upaya masyarakat Sumatera Barat dalam mengembangkan budaya bangsa.

"Generasi muda juga harus bisa menjiwainya, karena makanan khas Sumbar mempunyai cita rasa tersendiri dan harus diperkenalkan kepada dunia dalam upaya pengembangan budaya bangsa," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Achyaruddin, mengatakan, pemerintah telah mendaftarkan rendang sebagai warisan budaya ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

"Makanan tradisional dari Sumbar didaftarkan ke UNESCO pada tahun 2010 dengan nomor registrasi 776," katanya. Dia menambahkan, tidak menjadi persoalan lagi bagi masyarakat Sumbar walaupun Malaysia telah klaim rendang sebagai warisan budaya.

"Kalau ada yang berani mengaku sebagai pemilik warisan budaya yang telah ditetapkan UNESCO, maka negara yang bersangkutan bisa dituntut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement